Kamis, 08 Januari 2009

Setting Goal VS Yang Didapat

Hari Kamis malam minggu kemaren di masjid komplek perumahan Saya, seperti biasanya ada acara tahlih (pengajian). Hari itu Saya hadir dengan harapan Saya bisa lebih kyusu’ berdoa untuk almarhum Ayah tercinta (kebetulan pas hari itu Saya nyampe di rumah lebih awal – selesai training Sertifikasi Managemen Resiko di Tretes). Dari kapasitas masjid yang ada lumayanlah terisi diatas 50% (daripada hari-hari biasa yang hanya terisi gak lebih dari 30%). Oh ya dari seluruh yang hadir ternyata 50% didominasi remaja dan anak-anak. Saya jadi ingat puluhan tahun yang lalu (saat Saya masih SD), langgar (Musholla – red) tempat Saya mengaji dimana setiap hari Kamis malam rutin mengadakan tahlilan/pengajian selalu penuh para santri dan jemaah lainnya (Bpk2, Ibu2, pemuda2 , dll). Si Tugiyo yang biasanya jarang hadir (hari-hari biasa) hari itu tampak semangat datang ke langgar (musholla – red). Usut punya usut ternyata si Tugiyo berharap mendapatkan jajan/makanan, kue kue yang memang selalu disajikan disetiap tahlilan/pengajian yang jumlahnya kadang sangat banyak dan jenisnya beragam… Lain lagi sama si Rudin (anak pak Kyai) yang memang setiap hari rajin datang ke langgar … hari itu dia tampak lebih kyusuk mengikuti tahlil, membaca ayat2 suci dengan harapan medapatkan pahala, rahmad dari Allah. Kalo Saya memang setiap hari datang ke langgar (Musholla red) dengan tujuan untuk mengaji (Belajar Alquran) karena kalo gak bisa kena hadiah jewer kuping dari Bapak/Ibu.
Kawan … tentunya dalam hidup ini dari seluruh aktivitas, kegiatan yang kita lakukan selalu mempunyai maksud/tujuan/goal. Dan masing-masing orang memiliki tujuan/maksud/goal yang berbeda. Dan ini tentunya tergantung dari pinter-pinternya kita menyusunnya, karena apa yang akan kita peroleh pastinya gak jauh dari maksud/tujuan/goal awal. Mungkin si Tugiyo hanya akan mendapatkan kue2, jajan/makanan yang disajikan krn memang hanya itu maksud/tujuan dia datang ke langgar (Musholla – red). Tugiyo mungkin tidak mendapatkan hal yang lain seperti Ilmu, Silaturahim, dan pahala lebih dari Allah SWT. Rudin sepertinya akan mendapatkan lebih disamping pahala dari Allah, yaitu ilmu, silaturahim, jajan/makanan, kue-kue, dll. Semoga kita termasuk orang yang lebih pinter memaknai maksud/tujuan hidup ini …
Zeed4001

1 komentar: